Cara Menyetir Mobil Hemat BBM, Teknik Eco Driving

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan dunia otomotif yang mungkin Anda butuhkan, Cara Menyetir Mobil Hemat BBM, Teknik Eco Driving.

MODIFIKASINET – Tips Menyetir Mobil Hemat BBM, Pada dasarnya, mobil besutan pabrikan otomotif asal Negeri Gingseng, Kia ini telah dirancang dan dikembangkan sedemikian rupa sehingga hemat bahan bakar. Akan tetapi bukan hal yang tidak mungkin jika konsumsi BBM hatchback andalan Kia ini lebih ditekan lagi agar pengeluaran untuk membeli bensin semakin sedikit.

“Secara garis besar All New Picanto dirancang irit bahan bakar. Di All New Picanto ada system eco-nya (indikator eco),” ujar Joko Priyono, yang menjabat sebagai Coordinator Field Service PT Kia Motor Indonesia (KMI) di kantor KMI Sunter, Jakarta, Minggu (19/04).

teknik-eco-driving

Pada Kia Picanto transmisi otomatis, lampu indikator eco akan menyala bila penggunanya mengemudi dengan cara eco driving. Sedangkan untuk varian transmisi manual, indicator eco baru akan menyala ketika putaran mesin sudah tepat untuk perpindahan transmisi, baik naik ataupun turun percepatan.

“Lampu eco untuk yang matic keluar pada saat berkendara ekonomis. Di manual biasanya lampunya nyala ketika kita mesti pindah gigi,” terang Joko.

Kendati demikian, Joko menyarankan, untuk transmisi manual akan lebih baik jika memindahkan gigi sebelum lampu indikator menyala. Tujuannya agar perpindahan gigi dilakukan sebelum putaran mesin atau RPM tinggi sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat.

Kia Picanto 2016 Indonesia 2

Joko masih memiliki enam trik menghemat bahan bakar mobil Kia Picanto yang juga bisa Anda terapkan. Berikut adalah uraian enam tips tersebut:

1. Gaya berkendara

Joko menjelaskan, gaya berkendara memiliki pengaruh yang kuat terhadap tingkat konsumsi bahan bakar. Apabila pengemudi berkendara secara agresif, maka konsumsi bensin juga akan semakin besar. Di samping itu, emosional pengemudi juga turut berperan penting dalam hal efisiensi BBM. Apabila pengemudi dalam keadaan stres, maka cara berkendaranya juga menjadi agresif dan pada akhirnya konsumsi bensin menjadi boros.

“Survey mengatakan tingkat stres yang tinggi membuat orang bawa mobil jadi lebih agresif. Alhasil, bbm makin banyak,” ungkap Joko.

2. Stabilkan RPM

Putaran mesin juga memiliki pengaruh terhadap efisiensi bahan bakar. Sebab semakin tinggi RPM, maka semakin besar pula BBM yang digunakan. Oleh karena itu Joko menganjurkan untuk tetap mempertahankan RPM di 3.000-4.000. Sedangkan untuk mobil transmisi manual, perpindahan gigi dilakukan di RPM 3.000 hingga 4.000.

3. Atur jarak pengereman

Jaga jarak tidak hanya bertujuan untuk menjaga keselamatan saat mengemudi, namun juga dapat menekan konsumsi bahan bakar. Jarak pengereman yang lebih pendek dan langsung mengerem dengan keras dapat membuat mesin boros bahan bakar. Untuk menghemat BBM, ada baiknya untuk mengatur jarak pengereman.

4. Netralkan gigi ketika berhenti

Saat mobil berhenti, Joko menyarankan untuk memindahkan tuas persneling ke posisi netral. Dengan demikian, bahan bakar yang digunakan akan menjadi lebih sedikit. Di mobil transmisi matik, ketika percepatan di posisi D, injection time lebih besar daripada di posisi netral sehingga kebutuhan bahan bakar menjadi lebih tinggi.

5. Gunakan bahan bakar RON 92

Hal yang mempengaruhi konsumsi BBM adalah jenis bahan bakar yang digunakan. Gunakan BBM yang sesuai dengan mobil sehingga akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

6. Servis berkala

Yang tidak kalah penting adalah perawatan berkala pada mobil. Hal ini perlu dilakukan agar kondisi mobil selalu terjaga. Lakukanlah servis rutin pada mobil terbaru Anda agar beban mesin lebih ringan dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

“Usahakan selalu servis berkala di bengkel resmi. Penggantian oli sesuai kilometer berpengaruh pada kondisi kendaraan, terutama konsumsi bahan bakar. Kadang kaki-kaki juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Lakukan spooring secara rutin,” papar Joko.

Cara Menyetir Mobil Hemat BBM, Teknik Eco Driving | Joko Wibisono | 4.5