Modifikasi Motor Japstyle Tiger, Vixion, Megapro, Dll yang Bisa Dicoba

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan dunia otomotif yang mungkin Anda butuhkan, Modifikasi Motor Japstyle Tiger, Vixion, Megapro, Dll yang Bisa Dicoba.

Modifikasi Motor Japstyle – Perkembangan dunia otomotif tanah air khususnya roda empat terus berkembang pesat. Setiap tahun dapat dipastikan jutaan motor terbaru terjual dengan berbagai model mulai dari motor matik, motor sport, motor bebek atau bahkan motor listrik. Dengan seiring majunya zaman maka style pada motor juga ikut berubah sesuai dengan selera para bikers.

Supaya tampil lebih keren tidak sedikit pula para pemilik mengubah atau melakukan modifikasi pada tunggangannya tersebut walaupun biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Salah satu gaya modifikasi yang mulai populer dalam beberapa tahun terakhir adalah JapStyle, konsep yang satu ini mengusung gaya klasik retro dengan bentuk tubuh menjulang tinggi layaknya motor-motor di era 70-an.

 

Modifikasi gaya JapStyle sendiri ada banyak aliran seperti Speed Bobber, Speed Chopper, Café Racer, Street Tracker dan Choppy Cub. Berikut tahapan-tahapan modifikasi motor gaya JapStyle :

  • Yang pertama lakukan custom pada rangka motor sesuai dengan aliran japstyle yang diinginkan
  • Ganti kaki-kaki seperti ban dan velg yang besar. Biasanya gaya JapSytle memakai ban offroad seperti motor trail dengan kembangan kotak-kotak. Sedangkan pada bagian velg menggunakan modl jari-jari.
  • Untuk menambah kesan klasik gunakan lambu utama dan lampu sein berbentuk bulat.

Saya sarankan gunakan motor naked dari Jepang seperti Honda GL Series, Honda CB, Suzuki Thunder atau Yamaha Scorpio karena mudah dimodifikasi dan biayanya pun juga lebih murah. Namun beberapa motor bebek pun juga bisa memakai aliran tersebut sebut saja Honda C70, Honda Astrea 800 dan Honda Astrea Grand.

Honda GL Pro JapStyle

Modifikasi Japstyle bisa diterapkan pada motor Honda GL Pro. Bagian tangki yang simpel dibalut warna hijau dengan aksen sedikit putih, sehingga memberikan kesan elegan. Sementara, pada bagian kolong jok tempat aki dibiarkan bolong tanpa penutup panel, namun tetap terlihat rapi.

Untuk ban, menggunakan ukuran yang lebih besar dan velg berukuran 18 inci agar terkesan gambot. Sementara untuk sektor lampu, pada bagian depan dan belakang menggunakan produk Atermarket. Untuk menambah kesan sangar, knalpot disubstitusi dengan buatan tangan.

Honda CB125 Jap Style

Honda CB125 keluaran tahun 1976 juga bisa dimodifikasi Jap style. Diawali dengan mengubah rangka secara custom untuk menyesuaikan dudukan mesin serta jok yang lebih kecil dan lebih pendek. Untuk shock depan menggunakan milik Yamaha Scorpio, sedangkan shock belakang menggunakan YSS original.

Sementara, sektor rem depan menggunakan cakram milik Yamaha Scorpio, sedangkan ban menggunakan Swallow. Lampu utama (headlamp) dibuat minimalis, sedangkan lampu sein dan stoplamp berukuran kecil.

Untuk meningkatkan performa, mesin dicangkok dengan kepunyaan Honda Tiger pada bagian blok atas. Sementara, sistem pengapian menggunakan CDI, karburator milik Honda NSR, dan ditambah knalpot racing.

Honda CB100 Street Tracker

Modifikasi Japstyle pada motor juga bisa menerapkan dua sub-aliran sekaligus, yaitu street tracker dan chopper, misalnya pada motor Honda CB100. Detail chopper dapat diterapkan pada stang dengan model Z bar, sedangkan konsep street tracker dapat diterapkan pada detail ban berukuran lebar (18 inci) dengan style klasik pada roda depan dan belakang.

Untuk bodi, menggunakan plat galvanis sebagai bahan dasarnya. Sementara, desain sepatbor depan dan belakang menggunakan konsep minimalis bergaya street tracker. Sebagai pelengkap, di bawah jok dipasang cover nomor dengan menggunakan warna merah sebagai bahan dasarnya agar tampak berisi. Pada sektor kaki-kaki, suspensi depan menggunakan model teleskopik 1 set Honda Tiger, sedangkan untuk lengan ayunnya mencomot milik Kawasaki Ninja.

Modifikasi Motor Japstyle Tiger, Vixion, Megapro, Dll yang Bisa Dicoba | Wawan Setiyawan | 4.5