Daihatsu Xenia Mesin 1.0 Liter Stop Dijual Gara-Gara Sigra

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan perkembangan dunia otomotif yang mungkin Anda butuhkan, Daihatsu Xenia Mesin 1.0 Liter Stop Dijual Gara-Gara Sigra.

MODIFIKASINET – Mobil MPV Daihatsu Xenia 2016 Indonesia, Kedatangan Daihatsu Sigra ternyata memakan korban saudaranya sendiri. Berstatus sebagai pendatang baru di segmen MPV kelas LCGC sudah pasti membuat harga Daihatsu Sigra jauh lebih murah dibandingkan Daihatsu Xenia. Apalagi banyak konsumen yang sebelumnya memilih Xenia beralih ke Sigra karena dianggap memiliki tampang lebih fresh serta fitur cukup lengkap meskipun secara dimensi sedikit lebih kecil. Sementara itu menurut Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing and Customer Relation Head Division PT Astra Daihatsu Motor bahwa dengan hadirnya Daihatsu Sigra konsumen akan lebih selektif dalam membeli mobil MPV dari Jepang tersebut. Pasalnya Daihatsu Sigra memiliki dua varian mesin yaitu 1.0 liter dan 1.2 liter sedangkan Xenia juga memiliki kapasitas mesin sama.

Hendra menambahkan bahwa pihaknya akan menyetop penjualan Daihatsu Xenia mesin 1.0 liter karena posisinya sudah diisi oleh Daihatsu Sigra. Meskipun demikian dirinya berpendapat bahwa Sigra tidak akan menggusur pasar Xenia karena secara karakter keduanya berbeda. Dirinya juga menjelaskan di bulan Agustus 2016 ini penjualan Daihatsu Xenia justru meningkat meskipun pada bulan tersebut Sigra juga resmi diperkenalkan. Hendra optimis nasib Xenia mesin 1.2 liter akan tetap aman walaupun digempur oleh berbagai model mobil MP di segmen LCGC maupun dari merek lain. Untuk diketahui di tahun ini penjualan Xenia naik hingga 37 persen dan berada di posisi kedua sebagai mobil MPV terlaris di Indonesia dibawah Toyota Avanza.

Namun banyak pihak yang berpendapat bahwa kedatangan mobil-mobil LCGC seperti Daihatsu Sigra ataupun Toyota Calya bisa saja menggeser nama besar dari Daihatsu Xenia. Pasalnya animo masyarakat di segmen tersebut terbilang cukup tinggi dan itu terbukti setelah Sigra diluncurkan belum genap sebulan penjualannya telah mencapai 3.000 unit lebih. Bahkan menurut Amelia Tjandra selaku Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor Daihatsu Sigra mesin 1.2 liter yang merupakan tipe tertinggi malah menjadi penyumbang tertinggi yaitu mencapai 70 persen. Menurutnya hal itu sesuai dengan harapan konsumen yang menyukai mobil MPV berkapasitas mesin lebih besar walaupun secara harga juga lebih tinggi.

Daihatsu Xenia 2016 Mesin 1.000 cc

Sedikit informasi bahwa sebelum Daihatsu Sigra diluncurkan PT ADM selalu mengandalkan Daihatsu Xenia dan mobil pikap Daihatsu Gran Max. Keduanya selalu menjadi tulang punggung penjualan dalam beberapa tahun sampai pertengahan tahun 2016 sebelum akhirnya ADM memperkenalkan Daihatsu Sigra. Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh mobil berharga mulai Rp 106 jutaan tersebut mulai dari mesin yang terdiri dari dua pilihan, kemudian fitur cukup lengkap seperti airbag hingga ABS dan ruang kabin cukup lega yang tentunya sangat cocok sekali untuk keluarga. Tidak hanya itu saja secara tampilan Daihatsu Sigra yang mirip Toyota Calya malah dianggap lebih menarik dibandingkan Daihatsu Xenia mulai dari bagian depan, samping hingga belakang.

Tidak mengherankan jika kemudian di GIIAS 2016 kemarin banyak pengunjung yang datang ke booth Daihatsu untuk melihat mobil MPV murah tersebut. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Daihatsu Sigra di dalam ruang kabinnya yaitu hadirnya fitur sistem audio cukup lengkap. Head unit pada Daihatsu Sigra menggunakan model 2 DIN yang dilengkapi 4 buah speaker serta pemutar musik yang dapat disambungkan melalui  koneksi Bluetooth, slot kabel audio, slot USB ataupun radio. Cara menyambungkan head unit Daihatsu Sigra melalui bluetooth ke smartphone sangatlah mudah yaitu cukup menekan tombol simbol ponsel maka bluetooth akan menyala secara otomatis, kemudian pengemudi tinggal melakukan konfirmasi pada ponselnya.

Daihatsu Xenia Mesin 1.0 Liter Stop Dijual Gara-Gara Sigra | Wawan Setiyawan | 4.5