Awas Industri Mobil Esemka, Nasibnya Jangan Sama Seperti Timor

Pengamat ekonomi Hisar Sirait mengharapkan mobil Esemka tak mengulang-ulang kekeliruan project mobil nasional di jaman Orde Baru (Orba) yg pernah alami kegagalan.

Diketahui, pada era Orba punyai mobil nasional ialah Timor karya putra Presiden Soeharto, Tommy Soeharto. Sayangnya, kehadiran mobil Timor tidak sukses serta punyai masalah.

” Project mobil nasional pertama yg tidak sukses pada sejumlah dekade lalu lantaran jalankan tanggung jawab ini dengan cara setengah-setengah alias parsial, ” kata ekonom yang memegang jadi Rektor Institut Usaha serta Informatika Kwik Makin Gie dilansir dari Di antara, Sabtu (7/9/2019) .

Artikel Lainnya : kelebihan dan kekurangan mobil timor

Ia memperjelas kalau karena itu semasing faksi tak punyai suatu hal yg dikatakan terpadu penuh atau fully integrated, integrasi prima buat peningkatan suatu industri mobil. Ini begitu diperlukan lantaran industri mobil sebagai industri otomotif yg bukan hanya dibikin dengan cara parsial.

” Bila Indonesia pengin meningkatkan serta memperkokoh industri mobil dengan cara mandiri jadi mesti ada tehnologinya, libatkan industri karet buat membuahkan bannya serta pelbagai ragam industri yg berhubungan dengan industri mobil, ” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *