Berapa Batas Usia Ideal Shockbreaker Motor?

Shockbreaker atau peredam kejut sebagai bagian yg memiliki pengaruh pada kenyamanan kendaraan. Akan tetapi, banyak yg tidak mengerti bagaimana menjaga serta kapan bagian ini mesti ditukar.

Owner Aftersales Scarlet Racing, Suwandi memperjelas, umur bagus shockbreaker motor yaitu 2-3 tahun. Lebih dari itu, seharusnya ditukar dengan yg baru.

” Bagini, umur bagus merubah shockbreaker yaitu 2-3 tahun. Itu berlaku buat motor yg dimanfaatkan keseharian. Bila motor jarang-jarang dimanfaatkan, dapat lebih dari tiga tahun. Itu juga bila shock-nya dirawat, ” kata Suwandi, kala dijumpai iNews. id di Senayan, Jakarta, beberapa waktu terakhir.

Artikel Terkait : harga shockbreaker depan

Suwandi mengatakan, trik simple menjaga shockbreaker biar umur pemakaiannya panjang yaitu dengan teratur bersihkan. Lebih urutan bagian ini ada dibawah sampai kerap terserang kotoran, baik debu, lumpur atau zat lain.

” Lawan khusus shockbreaker yaitu kotoran atau debu. Bila habis riding terus terserang hujan serta pengendara malas basuh motor, sekurang-kurangnya dicuci sisi shock-nya biar kotoran yg melekat hilang, ” ujarnya.

Tidak cuman umur gunakan, lanjut Suwandi, kotoran yg masuk ke suspensi dapat bikin seal dalam suspensi cepat aus atau robek yg sebabkan oli shockbreaker bocor. Kotoran yg masuk ke suspensi dapat juga menyebabkan kerusakan batang as pada shock. ” Jadi kebersihan pada bagian ini begitu penting biar umur gunakan lebih panjang, ” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *